Busy Book for Fun Hijaiyah Letter Learning

Buku Aktivitas Seru untuk Belajar Huruf Hijaiyah

Authors

  • Rodiyatul Ummah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Maslikhatun Nisak Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21070/ijemd.v20i2.924

Keywords:

Busy Book, Hijaiyah Letters, Fun Learning, Early Childhood, Islamic Education

Abstract

General background: Early childhood learning requires creative strategies to introduce fundamental religious knowledge, including the recognition of Hijaiyah letters as the foundation for reading the Qur’an. Specific background: Conventional methods often emphasize rote memorization, which may reduce children’s engagement and motivation. Knowledge gap: There is limited exploration of interactive and game-based media that integrate fun learning with Islamic education to foster both cognitive and affective development. Aims: This study examines the use of a Busy Book as an interactive learning medium to support children’s ability in recognizing and understanding Hijaiyah letters through playful activities. Results: The Busy Book, designed with 25 colorful pages, provides activities such as coloring, matching, and puzzles, which successfully stimulate children’s interest and improve their ability to identify Hijaiyah letters. Novelty: Unlike traditional learning tools, the Busy Book integrates educational content with interactive play, making the process enjoyable while strengthening retention. Implications: This medium can be an alternative for teachers and parents to introduce Hijaiyah letters in early childhood education, bridging creativity, play, and Islamic values in a single tool.

Highlights:

  1. Busy Book integrates play and Islamic education.

  2. Improves recognition of Hijaiyah letters through creative tasks.

  3. Supports engaging and meaningful early childhood learning.

Keywords: Busy Book, Hijaiyah Letters, Fun Learning, Early Childhood, Islamic Education

Deskripsi Produk

Busy Book Hijaiyah adalah produk inovatif yang diciptakan dengan cermat dengan tujuan memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan efektif bagi anak-anak SD kelas 1 dalam mempelajari huruf Hijaiyah dan harakatnya.

Buku ini tidak hanya sekadar sebuah buku, tetapi sebuah alat pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan[1]. Dirancang dengan desain yang menarik dan didukung oleh berbagai aktivitas yang kreatif, BusyBook Hijaiyah mengajak anak-anak untuk memahami, mengenal, dan menguasai huruf Hijaiyah serta harakatnya dengan cara yang menyenangkan dan efektif[2].

Dalam BusyBookHijaiyah, anak-anak diajak untuk belajar menulis huruf Hijaiyah secara bertahap. Setiap huruf disajikan dengan jelas dan dilengkapi dengan petunjuk arah penulisan yang mudah dipahami[3]. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai gambar menarik yang memperkaya pengalaman pembelajaran anak-anak.

Tak hanya itu, Busy Book Hijaiyah juga memberikan penekanan pada pengenalan huruf Hijaiyah beserta harakatnya[4]. Anak-anak diajak untuk mengenal bentuk dan pengucapan huruf beserta harakat seperti Fatha, Kasroh, dan Dhammah. Melalui berbagai aktivitas yang disajikan, anak-anak dapat belajar mengenali dan memahami penggunaan harakat-harakat ini dalam membaca dan menulis huruf Hijaiyah dengan lebih baik[5].

Dengan Busy Book Hijaiyah, proses pembelajaran huruf Hijaiyah bukan lagi menjadi sesuatu yang membosankan, tetapi menjadi sebuah petualangan yang menyenangkan dan memikat bagi anak-anak[6]. Produk ini merupakan kontribusi nyata dari Rodiyatul Ummah dalam mendukung pembelajaran agama Islam di tingkat dasar, serta memberikan alternatif yang menarik bagi guru-guru dan orangtua dalam membantu anak-anak mereka memahami dan menghafal huruf Hijaiyah dengan lebih baik.

Isi Produk

Busy Book: Belajar Huruf Hijaiyah Menyenangkan adalah buku aktivitas yang dirancang khusus untuk memudahkan anak-anak dalam mengenal dan mempelajari huruf Hijaiyah dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Buku ini terdiri dari 25 halaman berukuran A4, memberikan ruang yang cukup untuk berbagai aktivitas kreatif yang dapat melibatkan anak secara aktif. Berikut adalah rincian isi produk :

a) Halaman Pengenalan: Memperkenalkan huruf Hijaiyah dengan gambar-gambar menarik dan panduan sederhana tentang cara menulis masing-masing huruf.

b) Mewarnai Huruf: Setiap huruf Hijaiyah memiliki halaman khusus yang dapat diwarnai, memungkinkan anak-anak untuk belajar sambil berkreasi.

c) Mencocokkan Huruf: Aktivitas mencocokkan huruf Hijaiyah dengan gambar atau huruf lainnya untuk membantu anak-anak memahami hubungan antara huruf dan objek.

d) Puzzle Huruf: Puzzle sederhana dengan potongan huruf Hijaiyah yang dapat dirakit untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan kemampuan pemecahan masalah.

e) Menulis Huruf: Latihan menulis huruf Hijaiyah dengan pola yang bisa ditiru anak-anak, membantu mereka mempraktikkan keterampilan menulis dengan cara yang menyenangkan.

Desain Produk

Figure 1. Cover Depan dan Belakang Busy Book

Mengenal Huruf Hijaiyah dan Latihannya

Figure 2.

Latihan Membunyikan Huruf Hijaiyah dan latihannya

Figure 3.

Mewarnai Huruf Hijaiyah dan Mengurutkan

Figure 4.

Kaidah Menulis Huruf Hijaiyah dan latihannya

Figure 5.

References

[1] I. N. Cahyanti and S. Katoningsih, “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 1269–1278, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3925.

[2] C. Purnamasari, A. Amal, and H. Herlina, “Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak,” Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, vol. 4, no. 1, pp. 78–89, 2021, doi: 10.15575/japra.v4i1.11782.

[3] N. A. Amri, N. Amri, Hajerah, and Usman, “Pengembangan Media Busy Book Pada Aspek Literasi Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, vol. 4, no. 1, pp. 406–411, 2023, doi: 10.51494/jpdf.v4i1.838.

[4] E. Putri, D. Fikriyah, and R. Wahyuningsih, “Implementasi Media Pembelajaran Busy Book untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal Konsep Bilangan di Kelompok A RA Insan Mubarok,” Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 55–65, 2020.

[5] L. S. Mushliha, “Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book untuk Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas I SD Negeri Demangan Kota Yogyakarta,” E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 67–72, 2021.

Published

2025-08-22

How to Cite

Ummah , R., & Nisak, N. M. (2025). Busy Book for Fun Hijaiyah Letter Learning: Buku Aktivitas Seru untuk Belajar Huruf Hijaiyah. Indonesian Journal of Education Methods Development, 20(2), 10.21070/ijemd.v20i2.924. https://doi.org/10.21070/ijemd.v20i2.924

Issue

Section

Islamic Education Method

Categories