Management of Education Quality Improvement in Junior High School
Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang upaya yang dilakukan SMP Al-Islamiyah Putat Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo dalam menciptakan kemampuan untuk Survive di tengah gelombang kebijakan Pemerintah terkait bidang pendidikan sebagai bukti nyata dari daya tahan (durability) suatu lembaga pendidikan, di sisi lain semakin banyaknya kompetitif lembaga pendidikan baru dengan tawaran berbagai program unggulan. Menciptakan lembaga sekolah swasta yang sumberdayanya diadakan dengan lebih besar pada swadaya dan dana menuju sekolah yang bermutu, pilihan alternatif, atau bahkan rujukan tidaklah mudah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, adapun cara memperoleh data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokmentas, setelah data terkumpul dilakukan analisis sehingga menghasilkan simpulan sekolah SMP Al-Islamiyah ini mampu bersaing dengan sekolah lain baik sekolah negeri maupun swasta di sekitarnya. Sekolah ini secara implisit sudah menerapkan MPMBS dan upaya penjaminan mutu internal dan eksternal, adapun yang mendukung survive-nya sekolah ini pada beberapa hal berikut; jumlah siswa stabil atau bahkan bertambah setiap tahunnya, sarana prasarana cukup terpenuhi, Kepercayaan masyarakat masih cukup tinggi, sekolah memiliki corak Islami meskipun sekolah umum, tidak berafiliasi dengan organisasi masyarakat tertentu, kualifikasi pendidikan guru-gurunya memadai berpotensi dapat mengajar dengan efektif, perpustakaan berjalan dengan baik, moralitas peserta didik baik, biayanya standar (terjangkau).
References
Saru Arifin, Kedaulatan Permanen atas sumber daya alam dalam kebijakan ekonomi Asean, http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/download/1721/1087, 22 Maret 2020
M. Quraish Shihab, Tafsir Al Misbach: pesan, kesan. Dan keserasian Al-Quran (Jakarta: Lenetra gati, 2012),vol. 13 hal. 488-491
M. Quraish Shihab, Tafsir Al Misbach: pesan, kesan. Dan keserasian Al-Quran (Jakarta: Lentera hati, Cet. V, 2012), hal. 424 (QS. An Nisa’ 4: 9)
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Visimedia, 2007), 1
Elaine B. Johnson, Contextual Teaching & Learning menjadikan kegiatan belajjar-mengajar mengasyikkan dan bermakna, ter. Ibnu Setiawan, (Bandung, Kaifa, 2010), 68-84
Udin Syaefudin Sa’ud, Perencanaan Pendidikan suatu pendekatan komprehensif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005), 10-11
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2005), 6
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Visimedia, 2007), 27
Barnawi dan M. Arifin, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan teori dan parktik, (Yogyakarta, Ar-Ruz Media, 2017), 1
Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, (Bandung: PT Rafika Aditama, 2013), 1.
Husaini Usman, Manajemen: teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2010), hal. 524
Rosna Modelu dan Siti Asiah T., “Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS): antara Harapan dan Realita di SMA Negeri 3 Atinggola” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam Vol.2, No.1, (Juni 2019), 129
Suryosubroto. Manajemen Pendidikan di Sekolah. (Jakarta: Rineka Cipta, 2014),.97.
Moleong, Metodologi penelitian kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017), hal. 4
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006), 231.
Copyright (c) 2022 Abdul Adji, Hidayatulloh Hidayatulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.